Selasa, 04 Maret 2014

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru UPI

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru UPI

Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Tahun Akademik 2014/2015 menerima calon mahasiswa baru untuk Program Studi:
  1. Administrasi Pendidikan (S2 dan S3)
  2. Pendidikan Matematika (S2 dan S3)
  3. Bimbingan dan Konseling (S2 dan S3)
  4. Pendidikan Luar Sekolah (S2 dan S3)
  5. Pengembangan Kurikulum (S2 dan S3)
  6. Pendidikan IPA (S2 dan S3)
  7. Pendidikan IPS (S2 dan S3)
  8. Pendidikan Bahasa Indonesia (S2 dan S3)
  9. Pendidikan Bahasa Inggris (S2 dan S3)
  10. Pendidikan Umum/Nilai (S2 dan S3)
  11. Pendidikan Olahraga (S2 dan S3)
  12. Pendidikan Kewarganegaraan (S2 dan S3)
  13. Pendidikan Teknologi Kejuruan (S2 dan S3)
  14. Linguistik (S2 dan S3 Non-Kependidikan)
  15. Magister Manajemen Bisnis (S2 Non Kependidikan) & Doktor Ilmu Manajemen (S3 Non Kependidikan)
  16. Pendidikan Dasar (S2 dan S3)
  17. Pendidikan Ekonomi (S2 dan S3)
  18. Pendidikan Kebutuhan Khusus (S2 dan S3)
  19. Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda (S2)
  20. Penjaminan Mutu Pendidikan (S2)
  21. Pendidikan Bahasa Jepang (S2)
  22. Pendidikan Seni (S2)
  23. Pendidikan Sejarah (S2)
  24. Pendidikan Geografi (S2)
  25. Pendidikan Biologi (S2)
  26. Pendidikan Bahasa Arab (S2)
  27. Penelitian dan Pengukuran Pendidikan ( S2)
  28. Pendidikan Bahasa Perancis (S2)
  29. Pendidikan Sosiologi (S2)
  30. Pendidikan Kimia (S2)
  31. Pendidikan Fisika (S2)
  32. Ilmu Pendidikan Agama Islam (S2)
  33. Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
  34. Pedagogik (S2)
  35. Psikologi Pendidikan (S2)
  36. Ilmu Pendidikan Guru (S2)
WAKTU dan BEBAN STUDI
Jenjang Prodi Maksimal Beban Studi
Magister S1 Sebidang 6 Smt (3 Thn) 36-42 Sks

S1 Tidak Sebidang 7 Smt (3.5 Thn) 48-54 Sks
Doktor S2 Sebidang 10 Smt (5 Thn) 42-49 Sks

S2 Tidak Sebidang 11 Smt (5.5 Thn) 54-60 Sks

Biaya Pendaftaran:
Program Magister (S2) : Rp. 750.000,-
Program Doktor (S3) : Rp. 850.000,-

PERSYARATAN
Untuk dapat diterima sebagai mahasiswa Program Magister (S2) dan Doktor (S3), calon harus memenuhi persyaratan
sebagai berikut.
  1. Berijazah Sarjana (S1) Negeri atau PTS yang terakreditasi dengan Indeks Prestasi ≥ 2.75 untuk Program Magister (S2); dan Berijazah Magister/Master (S2) Negeri atau PTS terakreditasi  dengan Indeks Prestasi ≥ 3,00 untuk Program Doktor (S3) dalam rentang penilaian 0.00 – 4.00. Ijazah dari perguruan tinggi di luar negeri harus dilegalisasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Berlatar belakang pendidikan sebidang bagi yang akan mengikuti program pendidikan Doktor Filsafat (by research)
  3. Mengisi Formulir pendaftaran dengan dilampiri :
  •  Fotokopi Ijazah dan Transkrip Pendidikan terakhir. (untuk S3 fotokopi
ijazah dan transkrip S1 dan S2)
  • Rekomendasi akademik dari dua dosen pembimbing.
  • Pernyataan Penugasan / Izin atasan tempat kerja (bagi yang sudah bekerja)
  • Rencana penelitian yang akan dilakukan (hanya untuk S3).
  • Pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 3 (tiga) buah.
  • Tanda bukti pembayaran biaya pendaftaran dan seleksi masuk.

PROSEDUR PENDAFTARAN
  1. Menyetorkan biaya pendaftaran dan seleksi masuk melalui BNI Cabang Utama Perguruan Tinggi Bandung dengan nomor Virtual Account: 9882010543470000 atas nama UPI.
  2. Formulir pendaftaran dapat diperoleh di SPs UPI setelah menyetorkan biaya pendaftaran atau dapat di unduh melalui website  http://sps.upi.edu
  3. Menyerahkan formulir pendaftaran yang telah diisi dan dilampiri dengan persyaratan-persyaratan yang telah  ditentukan sesuai dengan jenjang pendidikan yang akan diikuti.
  4. Pendaftaran ditujukan kepada Rektor Universitas Pendidikan Indonesia melalui Ketua Panitia Penerimaan Calon Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan alamat:

                Sekolah Pascasarjana

                Universitas Pendidikan Indonesia

                Jl. Dr. Setiabudi No. 229 Bandung 40154

                Telepon: 022-2001197; Fax.: 022-2005090

                e-mail : pascasarjana@upi.edu

                website : http://sps.upi.edu

PELAKSANAAN TES SELEKSI MASUK
  1. Materi tes terdiri atas: Tes Potensi Akademik (120 menit), serta Tes Bahasa Inggris (90 menit).
  2. Materi khusus sesuai dengan bidang keilmuan program studi yang bersangkutan (bagi prodi yang menpersyaratkan).
  3. Wawancara : S2 Khusus Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Arab; untuk Doktor (S3) semua Program Studi.
  4. Pada pelaksanaan tes peserta membawa pensil 2B dan penghapusnya.
  5. Tes seleksi dilaksanakan  pada tanggal 20 – 21 Mei 2014  di Gedung SPs UPI.
  6. Apabila di suatu tempat, pendaftar mencapai jumlah tertentu (misalnya 15 orang peserta atau jumlah yang disepakati), SPs UPI bersedia datang untuk melaksanakan tes di tempat tersebut berdasarkan permohonan. Biaya perjalanan, akomodasi pelaksana tes, dan penyelenggaraan ditanggung oleh peserta tes atau pemohon.

KEGIATAN PRA PERKULIAHAN
Kegiatan Pra Perkuliahan wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru S2 dan S3. Tujuan kegiatan ini adalah membentuk kesamaan pemahaman orientasi kajian ilmu program studi dan memberikan wawasan serta pengetahuan mengenai program akademik dan aturan kelembagaan yang berlaku. Materi yang diberikan antara lain : Pedoman Akademik, Budaya Akademik, Berfikir Analisis dan Sintesis, Penulisan Karya Ilmiah, Plagiarisme, Penyiapan Bahan Presentasi, Profil Program Studi, Cakupan Kajian, Struktur Kurikulum, dan Strategi Pembelajaran.

FASILITAS
Gedung baru enam lantai dengan fasilitas lift, terdiri atas ruang kuliah yang nyaman dilengkapi dengan multimedia  proyektor, auditorium, ruang dosen/bimbingan,ruang baca, ruang rapat/diskusi, ruang  multimedia, internet access (Wifi-Hotspot) pada setiap lantai, ruang teleconference, laboratorium komputer, Student Space

PIMPINAN SPs UPI
Direktur                           : Prof. Dr. Didi Suryadi, M.Ed
Asisten Direktur I              : Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A
Asisten Direktur II             : Prof. Dr. Agus Rahayu M.P.

IKHTISAR KALENDER KEGIATAN
Pendaftaran : 3 Maret – 30 April 2014
(Senin s.d. Jum’at, Pukul 08.00 – 15.00) Sabtu Libur

2. Pelaksanaan tes seleksi  : 20-21 Mei 2012

3. Pengumuman hasil seleksi : Juli 2014 (tentatif)

Download Formulir :
form-pendaftaran-s2-
form-pendataran-s3-

Direktur                            : Prof. Dr. Didi Suryadi, M.Ed
Asisten Direktur I             : Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A
Asisten Direktur II            : Prof. Dr. Agus Rahayu M.P.

Silahkan berkomentar sesuai topik diatas, komentar yang menyertakan link hidup akan dihapus.

Terima kasih :)